Pastor di Ruteng NTT Memberikan Klarifikasi Setelah Dituduh Berselingkuh dengan Istri Orang Lain

by -241 Views

Manggarai Timur – Seorang imam Katolik di Keuskupan Ruteng Nusa Tenggara Timur yang dilaporkan menghilang setelah tertangkap sedang berduaan dengan seorang perempuan di dalam kamar akhirnya membuat klarifikasi.

Imam Katolik yang namanya viral sejak Kamis malam, 25 April 2024 itu bernama Agustinus Iwanti, pastor Paroki Kisol di Kecamatan Kotakomba Manggarai Timur. Sedangkan perempuan bersuami yang juga ikut menghilang akibat kejadian ini berinisial HD (44).

Diberitakan, Romo Gusti kepergok sedang berduaan di dalam kamar dengan seorang perempuan bersuami pada Rabu 24 April 2024, sekitar pukul 02.00 WITA dini hari.

Media melaporkan bahwa suami dari perempuan itu yang langsung mengetahui perbuatan istrinya dan Romo Gusti di dalam kamar. Dugaan perbuatan tersebut kemudian dilaporkan ke Kevikepan Borong.

Pastor Gusti dan HD kabarnya sama-sama menghilang, sehingga muncul spekulasi bahwa keduanya diduga melarikan diri. Namun, Pastor Gusti akhirnya memberikan klarifikasi pada Jumat, 26 April 2024.

“Demi keselamatan diri saya dengan karyawan, maka tepat pukul 08.00 WITA (Rabu, 24 April 2024), saya, adik Kristo dan Safe meninggalkan pastoran dan ke luar dari kota Borong. Sedangkan Mama Sindi (Hermin) masih di seputaran kota Borong,” demikian klarifikasi pastor Agustinus.

Klarifikasi tersebut berisi 16 poin untuk menjelaskan simpang siur dalam pemberitaan tentang dirinya dan HD yang viral dengan cepat. Pastor Gusti menjelaskan bahwa selama bertugas di Paroki Kisol, ia memiliki hubungan baik dengan umatnya termasuk dengan keluarga Tinus, suami dari HD atau Helmince Djabur di Lembur Stasi Rende.

Masalah membesar karena Tinus menemukan istrinya sedang berada di dalam kamar yang ditempati oleh Romo Agustinus. Kejadian tersebut terjadi di rumah Tinus atas undangan makan malam yang ditemani oleh 4 orang dari pastoran Paroki Kisol.

Selain itu, Pastor Agustinus juga menceritakan kronologi peristiwa yang terjadi di rumah Tinus pada hari Selasa, 23 April 2024. Pastor Agustinus dan Tinus berkomunikasi melalui WhatsApp dan akhirnya memutuskan untuk makan malam di rumah Tinus di Rende.

Selasa malam, Pastor Agustinus tiba di rumah Tinus yang juga dihuni oleh Helmince atau Mama Sindi (istri Tinus) serta anak-anak mereka. Setelah makan malam, mereka bercengkrama hingga larut malam.

Pada pukul 02.00 dini hari, terjadi keributan di rumah Tinus. Pastor Agustinus terbangun karena suara teriakan dan melihat Tinus marah padanya tanpa alasan yang jelas. Akibatnya, Pastor Agustinus dan anggota pastoran segera meninggalkan rumah tersebut untuk menghindari keributan lebih lanjut.

Dalam perjalanan pulang ke pastoran, Pastor Agustinus menerima telepon dari Mama Sindi yang meminta dijemput karena merasa ketakutan. Dengan alasan keselamatan, Pastor Agustinus dan anggota pastoran kemudian menjemput Mama Sindi dan kembali ke pastoran.

Pada Rabu pagi, 24 April 2024, Pastor Agustinus memutuskan untuk keluar dari pastoran dan menjauh dari Borong demi keselamatan dirinya. Semua peristiwa tersebut kemudian dijelaskan dalam klarifikasi yang disampaikan oleh Pastor Agustinus.

Jo Kenaru/NTT